Home » » Apa Pengertian Root? Inilah Pengertian Root Serta Keuntungan Dan kerugianya

Apa Pengertian Root? Inilah Pengertian Root Serta Keuntungan Dan kerugianya


Pengertian root serta keuntungan dan kerugianya

apa sih arti dari root?
root dalam bahasa indonesia berarti akar,namun yang akan kita bahas bukan akar/root pada tumbuh-tumbuhan,melainkan root pada android.
Secara umum root diartikan sebagai hak akses penuh pada android,maksudnya anda akan mendapatkan kontrol penuh dan hak penuh terhadap android yang anda gunakan,yang tadinya hak penuh untuk mengontrol android dibatasi oleh pembuat ponselnya/vendor,bisa anda dapatkan jika sudah melakukan root android.
Jadi dengan adanya root,anda berhak untuk mengutak-atik segala sistem yang ada pada android,misalnya:
- Mengubah tampilan gambar dengan foto anda saat proses mematikan ponsel(reboot)
- Menghapus aplikasi-aplikasi bawaan pabrik yang terasa mengganggu
- mengedit nada BBM dengan nada yang anda inginkan.
- menggunakan aplikasi-aplikasi keren yang sebelumnya tidak dapat digunakan karena membutuhkan akses root.
- dan masih banyak lagi lah..

Melihat keterangan diatas,sepertinya root mempunyai banyak kelebihan yah,tapi segala sesuatu pasti mempunyai keuntungan dan kerugian dong,termasuk juga root android.Lalu apa saja sih keuntungan dan kerugian root? berikut penjelasanya:

KEUNTUNGAN ROOT

• dengan root,anda bisa memanipulasi segala sistem dan isi pada android.seperti yang sudah saya jelaskan di atas,anda bisa mengubah,mengedit,menghapus,menambahkan,dan lain lain.namun untuk melakukanya anda membutuhkan aplikasi khusus,akan saya share lain waktu.
• root juga mampu untuk mempercepat ponsel android dan menghemat baterai dengan cara mematikan aplikasi yang berjalan di belakang layar/background.
• anda juga bisa menghapus aplikasi bawaan pada android yang disediakan oleh vendor android,terkadang aplikasi bawaan tersebut terasa mengganggu seperti memberatkan RAM ataupun memboroskan baterai.padahal aplikasi bawaan jarang digunakan karena biasanya banyak memiliki kekurangan.
• khusus untuk para gamer yang suka ngehack atau ngecheat,wajib nih androidnya di root.karena dengan root anda bisa melakukan aktivitas hacking dengan lebih leluasa dan mudah.
• bosan dengan aplikasi pada google play yang versi gratis? tenang,dengan root anda bisa membeli versi pro dari aplikasi tersebut tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.yang saya maksud disini bukan aplikasi google play nya,melainkan semua aplikasi untuk android yang menyediakan versi pro.nga semua sih tapi rata-rata hehe...
Baca ini: Cara hack aplikasi pro dan in app purchase game dengan lucky patcher
• root juga memungkinkan pengguna android untuk mengotak atik tampilan pada android.misalnya saja untuk merubah gambar pada saat proses mematikan/menghidupkan ponsel,mengubah nada bbm,dan banyak lagi.

catatan:semua kelebihan tersebut hanya bisa dilakukan menggunakan aplikasi,nanti akan saya share satu persatu.

KERUGIAN ROOT

• kekurangan utama android yang sudah di root adalah pada sistem keamananya.karena meroot sama saja dengan menghentikan atau menghapus sistem keamanan bawaan yang sudah disediakan vendor hp,namun jangan khawatir,di internet sudah bertebaran aplikasi antivirus untuk melindungi hp anda.
• dengan di root nya android anda,maka masa garansinya akan hilang atau tidak berlaku.karena root sama saja mengutak-atik sistem pada hp android,dengan demikian bila ada kerusakan vendor tidak akan bertanggung jawab.namun jangan khawatir,untuk mengembalikan garansi anda bisa meng unroot/menghapus akses root dan mengembalikanya seperti semula.
• Jika anda ingin mengupgrade os android ke versi baru misalnya kitkat atau lolipop,maka anda harus mengurungkan dulu keinginan tersebut.Karena jika kondisi android dalam keadaan root,anda tidak bisa mengupgrade android ke versi baru.

itulah pengertian root serta Keuntungan dan kerugianya.
namun untuk berjaga-jaga anda harus berhati hati dalam menggunakan akses root tersebut,sebab bila salah penggunaanya dapat merusah hp anda.
misal,anda ingin menghapus atau merubah sistem pada hp,anda harus memiliki petunjuk dan arahan yang jelas bisa dari internet atau teman sendiri.
diwajibkan juga untuk menginstal aplikasi antivirus untuk memperketat keamanan hp android anda.
Baca juga: 2 Cara mudah menghapus/memblokir iklan pada android dengan atau tanpa root

0 komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah secara sopan dan relevan yah..
Terimakasih :D